Langsung ke konten utama

Farmakologi : Pengenalan tentang Obat

       Farmakologi berasal dari kata Pharmacon yang berarti obat dan Logos yang berarti ilmu. Farmakologi berarti ilmu yang mempelajari tentang obat secara kimia, fisika/fisiologi. Obat sendiri yaitu zat kimia yang mempengaruhi organ biologis. Berikut beberapa penggolongan obat :
1. Berdasarkan Keamanan 
    a. Obat Bebas
        Obat bebas adalah obat yang relatif paling aman dan dapat di peroleh tanpa menggunakan resep dari dokter. Obat bebas memiliki lambang lingkaran dengan warna Hijau.
Contoh obat bebas yaitu :

    
     b. Obat Bebas Terbatas
         Obat bebas terbatas adalah obat yang juga relatif aman selama pemakaiannya mengikuti aturan yang ada. Obat bebas terbatas memiliki lambang lingkaran dengan warna Biru.
Contoh dari obat bebas terbatas adalah :


    c. Obat Keras
        Obat keras adalah obat yang berbahaya jika tidak mengikuti aturan pemakaian dan dapat di dapatkan dengan adanya resep dari dokter. Obat keras memiliki lambang lingkaran berwarna Merah dan terdapat huruf K di dalam lingkaran tersebut.
Contoh dari obat keras yaitu :








    d. Obat Narkotika
        Obat Narkotika adalah obat yang paling berbahaya  kerana dapat menyebabkan  aiksi atau ketergantungan dan dapat mempengaruhi sistem kerja otak. Obat narkotika memiliki lambang 
Contoh obat narkotika :




2. Berdasarkan cara dan jalur pemakaian
    a. Obat dalam
        Obat dalam adalah obat yang masuk kedalam tubuh dengan melalui saluran pencernaan.
    b. Obat Luar
        Obat luar adalah obat yang masuk ke dalam tubuh tanpa memalui saluran pencernaan. Contohnya : obat tetes (mata, hidung, telinga), salep, supositoria.

3. Berdasarkan sumber dan asalnya
    a. Tanaman : di ambil dari akar, batang, daun, dan bijinya.
    b. Hewan : di ambil dari hormon dan enzimnya.
    c. Mineral

4. Berdasarkan bentuk sediaannya
    a. Obat padat : tablet, kapsul, pil
    b. Obat semi padat : salep
    c. Obat cair : sirup
    d. Obat gas : inheler





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Pemasangan Ring pada Jantung

Pemasangan Ring pada Jantung Proses ini terjadi  karena ada penyumbatan di daerah jantung,bisa ditangani dengan menggunakan balon atau pemasangan ring permanen. Alat yang dibutuhkan : ·          IV LINE ·          HEART MONITOR ·          ORAL OR IV SEDATIVE Pertama alat ini dimasukkan melewati femur kemudian dicari penyumbatannya/penyempitannya ,jika sudah ditemukan langsung pasang dengan cara menggelembungkan balon bertujuan untuk melebarkan penyumbatan ,lakukan pengembangan dan pengempisan balon berulang kali di lokasi penyumbatan hingga benar-benar melebar,kemudian dapat menyempit kembali. Bisa juga dengan memasang ring di daerah penyempitan ,balon dilapisi ring kemudian di masukkan pada lokasi penyempitan ,kemudian balon di kempeskan dan ring di tinggalkan di dalam lokasi penyempitan jantung,lalu alat di keluarkan . Perawatan post op (setelah operasi) : 1.        Berbaring selam 2.        beberapa jam 3.        Cek pendarahan di dada 4.        Rawat in

Ciri-ciri Diabetes melitus

DIABETES MELITUS Diabetes melitus adalah keadaan kadar gula dalam darah tinggi   (hiperglikemi) Penyebab : 1)       IDDM (insulin dependent diabetes melitus)    Tergantung dengan insulin ,karena pankreasnya sudah rusak 2)       NIDDM ( Non insulin   dependent diabetes melitus )     Tidak bergantung pada insulin Tanda dan gejala : 1.       Polifagi 2.       Polidipsi 3.       Poliuri 4.       Kesemutan 5.       Lemas Pencegahan : 1.       Kurangi makan makanan yang mengandung gula berlebihan 2.       Olahraga yang teratur 3.       Istirahat yang cukup 4.       Banyak makan sayur dan buah buahan Penatalaksanaan : 1.       Perencanaan makanan ·          Jumlah kandungan kolestrol ≤ 300 mg/hari ·          Jumlah kandungan serat ± 25 mg/hari 2.       Konsumsi garam dibatasi ,bila terjadi hipertensi 3.       Pemanis digunakan secukupnya 4.       Diberi obat hiperglikemi dan hipoglikemi 5.