Langsung ke konten utama

Manfaat jadi Calon Tenaga Kesehatan

Kita mau berbagi sedikit cerita gimana rasanya menjadi murid kesehatan. Sebenernya sih lebih banyak sukanya daripada dukanya karna, Kesehatan itu penting banget buat di jaga dan dipelihara. Bukan Cuma itu, belajar kesehatan juga banyak manfaatnya.
                Pada dasarnya pengertian kesehatan sendiri adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual, maupun social yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara social dan ekonomis.
                Tenaga Kesehatan sendiri adalah setiap orang yang mengabdikan diri di bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan keterampilan melalui pendidikan dibidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.

Sukanya jadi murid kesehatan itu :
1. Bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan oranglain sekitar kita
2. Bisa belajar lebih dalam tentang kesehatan
3. Bisa mempelajari dan mengerti beberapa tindakan yang ada di Rumah Sakit
4. Dapat pengalaman yang tidak terduga selama menjalankan PKL
5. Bisa mendekatkan diri dan mengerti sifat orang
6. Memahami tentang banyak penyakit
7. Lebih dewasa dalam menghadapi setiap masalah
8. Lebih siap untuk terjun ke dunia kerja
9. Dapat pahala karna banyak menolong dan membuat oranglain senang
10. Pastinya berguna untuk masyarakat

Kalau dukanya itu :
1. Awalnya sulit memahami materi
2. Biaya sekolah yang tidak sedikit
3. Tidak ada waktu bermain seperti anak-anak remaja lainnya

                Awal masuk sekolah kesehatan memang sulit apalagi kalau belum ada basic tentang ilmu kesehatan terutama buat para anak SMP yang sudah lulus dan melanjutkan ke SMK kesehatan, karna kami merasakan hal itu. Harus bisa mengerti bahasa-bahasa medis dan mengerti lebih dalam tentang fungsi kerja tubuh. Tapi kalau dijalani dengan ikhlas pasti mudah kok apalagi dibantu dengan belajar yang rajin. Dan nanti kita akan terus ingin tahu apa yang kita pelajari dan mengulasnya lebih dalam.
                Kenapa kita sih tidak ada waktu untuk bermain-main seperti yang lainnya, karna pada dasarnya semua anak SMK dilatih untuk siap terjun di dunia kerja, jadi kita harus siap dalam segala hal termasuk bertanggung jawab dengan apa yang kita lakukan. Apalagi didunia kesehatan semua tindakan yang kita lakukan itu berhungan dengan nyawa seseorang jadi tanggung jawab kita amatlah besar.
                Sekolah kesehatan memang sangat mahal dikarenakan biaya praktik yang mahal dan juga peralatan untuk praktik yang mahal jadi wajar aja kalau sekolah kesehatan itu mahal. Bersyukurlah buat kamu kamu yang berhasil masuk di sekolah kesehatan entah itu jenjang SMK atau Perguruan Tinggi karna sampai kapanpun ilmu dan pelajaran kesehatan itu akan kita pakai dan selalu dibutuhkan setiap orang.

                So.. Bersyukur lah buat kakak kakak, adik adik dan teman teman semua yang bersekolah di dunia kesehatan entah jurusan kedokteran, keperawatan, farmasi, kesehatan masyarakat, ilmu gizi, analis kesehatan, kebidanan, kedokteran gigi dan masih banyak lagi. Terimaksih :)
Berikut adalah sekilas tentang kami :





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Farmakologi : Pengenalan tentang Obat

       Farmakologi berasal dari kata Pharmacon yang berarti obat  dan Logos  yang berarti ilmu . Farmakologi berarti ilmu yang mempelajari tentang obat secara kimia, fisika/fisiologi. Obat sendiri yaitu zat kimia yang mempengaruhi organ biologis. Berikut beberapa penggolongan obat : 1. Berdasarkan Keamanan      a. Obat Bebas         Obat bebas adalah obat yang relatif paling aman dan dapat di peroleh tanpa menggunakan resep dari dokter. Obat bebas memiliki lambang lingkaran dengan warna Hijau . Contoh obat bebas yaitu :           b. Obat Bebas Terbatas          Obat bebas terbatas adalah obat yang juga relatif aman selama pemakaiannya mengikuti aturan yang ada. Obat bebas terbatas memiliki lambang lingkaran dengan warna Biru . Contoh dari obat bebas terbatas adalah :     c. Obat Keras         Obat keras adalah obat yang berbahaya jika tidak mengikuti aturan pemakaian dan dapat di dapatkan dengan adanya resep dari dokter. Obat keras memiliki lambang lingkaran

Cara Pemasangan Ring pada Jantung

Pemasangan Ring pada Jantung Proses ini terjadi  karena ada penyumbatan di daerah jantung,bisa ditangani dengan menggunakan balon atau pemasangan ring permanen. Alat yang dibutuhkan : ·          IV LINE ·          HEART MONITOR ·          ORAL OR IV SEDATIVE Pertama alat ini dimasukkan melewati femur kemudian dicari penyumbatannya/penyempitannya ,jika sudah ditemukan langsung pasang dengan cara menggelembungkan balon bertujuan untuk melebarkan penyumbatan ,lakukan pengembangan dan pengempisan balon berulang kali di lokasi penyumbatan hingga benar-benar melebar,kemudian dapat menyempit kembali. Bisa juga dengan memasang ring di daerah penyempitan ,balon dilapisi ring kemudian di masukkan pada lokasi penyempitan ,kemudian balon di kempeskan dan ring di tinggalkan di dalam lokasi penyempitan jantung,lalu alat di keluarkan . Perawatan post op (setelah operasi) : 1.        Berbaring selam 2.        beberapa jam 3.        Cek pendarahan di dada 4.        Rawat in

Ciri-ciri Diabetes melitus

DIABETES MELITUS Diabetes melitus adalah keadaan kadar gula dalam darah tinggi   (hiperglikemi) Penyebab : 1)       IDDM (insulin dependent diabetes melitus)    Tergantung dengan insulin ,karena pankreasnya sudah rusak 2)       NIDDM ( Non insulin   dependent diabetes melitus )     Tidak bergantung pada insulin Tanda dan gejala : 1.       Polifagi 2.       Polidipsi 3.       Poliuri 4.       Kesemutan 5.       Lemas Pencegahan : 1.       Kurangi makan makanan yang mengandung gula berlebihan 2.       Olahraga yang teratur 3.       Istirahat yang cukup 4.       Banyak makan sayur dan buah buahan Penatalaksanaan : 1.       Perencanaan makanan ·          Jumlah kandungan kolestrol ≤ 300 mg/hari ·          Jumlah kandungan serat ± 25 mg/hari 2.       Konsumsi garam dibatasi ,bila terjadi hipertensi 3.       Pemanis digunakan secukupnya 4.       Diberi obat hiperglikemi dan hipoglikemi 5.